Sejarah Singkat

Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa adalah kegiatan untuk memperoleh Barang/ Jasa oleh Kementrian/ Lembaga/ Satuan Kerja Perangkat Daerah/Institusi yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa.

Kegiatan Pengadaan Barang / Jasa di Kota Padang Panjang dilakukan dengan cara pembentukan Panitia pada masing-masing SKPD, Kantor di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang. Sesuai dengan ketentuan Pasal 14 Ayat (1,2) dan Pasal 130 Ayat (1) amanah dari Perpres 54 Tahun 2010 beserta perubahannya yaitu Kementrian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi diwajibkan mempunyai ULP yang dapat memberikan pelayanan/pembinaan dibidang Pengadaan Barang/Jasa. sehubungan dengan hal itu Pemerintahan Daerah Kota Padang Panjang melakukan pembahasan SOTK untuk membentuk Unit Layanan Pengadaan, setelah melakukan pembahasan maka dirumuskannya Perwako. No. 23 Tahun 2012 tanggal 26 November tentang pembentukan UPTD Layanan Pengadaan Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang Panjang yang beralamat di Jl. KH. Ahmad Dahlan, NO.5 Kota Padang Panjang .

Pelayanan pengadaan barang dan jasa di Kota Padang Panjang sudah sejak lama dilaksanakan untuk melayani kebutuhan-kebutuhan  sarana dan prasarana Kota Padang Panjang, dalam perkembangannya sejak tahun 2013 telah UPTD Unit Layanan Pengadaan Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang Panjang dengan jumlah personil yang hampir semuanya baru.  Pada tahun 2013 pelayanan pengadaan barang dan jasa telah dilaksanakan dengan cara e-tendering yang berdasarkan pada Perpres 54 Tahun 2010 dengan Perubahannya Perpres 70 Tahun 2012.

Kepemimpinan

Dalam perjalanannya, Unit Layanan Pengadaan Kota Padang Panjang telah mengalami pergantian pimpinan. Berikut adalah nama-nama yang pernah memimpin Unit Layanan Pengadaan Kota Padang Panjang:

1. Leonas. D, SE (masa jabatan 2013-2014)

2. Efi Gusrianto, ST (masa jabatan 2014-sekarang)